Analisis Pesan Dakwah Pada Konten Instagram @Okisetianadewiofficial

Penulis

  • Trani Septirahayu Putri UIN Imam Bonjol Padang
  • Yuli Puspitasari Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Bogor

DOI:

https://doi.org/10.61519/tby.v5i1.73

Kata Kunci:

Analisis, pesan, pesan dakwah, instagram

Abstrak

Instagram merupakan salah satu sosial media yang populer pada generasi saat ini. Sebagai media yang populer, instagram dapat digunakan untuk penyebaran dakwah. Sehingga pesan dakwah dapat dilakukan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Penyebaran pesan dakwah di Instagram dapat dianalisi melalui teori Teun Van Djik. Penggunaan instagram sangat tinggi dan menjadi media yang banyak digunkana dalam penyebaran sebuah video, teks maupun foto. Salah satu akun yang menggunakan penyebaran dakwah melalui instagram adalah akun @okisetianadewiofficial. Oki memberikan pesan dakwah melalui akun instagram dakwahnya dengan gamblang, milenial dan mengikuti zaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis wacana pesan dakwah pada konten instagram @okisetianadewiofficial. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis isi yang bertujuan untuk menemukan, mengidentifikasi, mengolah, dan menganalisis keseluruhan teks audio yang terdapat pada konten dakwah yang diteliti untuk mendapatkan data tentang pesan-pesan dakwah sesuai dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada konten instagram @okisetianadewiofficial dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Teun Van Djik ditemukan bahwa struktur makro menunjukkan pembahasann mengenai tema yaitu pesan-pesan dakwah; Akidah, Akhlak, Syariah. Superstruktur pada konten instagram tersebut hanya berupa isi atau pembahasannya saja. Struktur Mikro yang menggali mengenai latar, maksud detil dan sebagainya dapat ditemui pada pembahasan pesan dakwah tersebut walaupun hanya berupa isi saja.

Referensi

Aripudin, A., & Azra, A. (2011). Pengembangan metode dakwah: Respons da’i terhadap dinamika kehidupan beragama di kaki Ciremai. RajaGrafindo Persada.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan praktik. Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 5(10).

Putra, Y. S. (2017). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.52353/ama.v9i2.142

Rahman, K. A., & Elbi, H. B. (2006). Pedoman pelaksanaan dakwah Islam. Penerbit Ar-Raniry Press.

Ruslan, R. (2010). Metode penelitian public relations dan komunikasi. Rajawali Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Putri, T. S., & Puspitasari, Y. . (2024). Analisis Pesan Dakwah Pada Konten Instagram @Okisetianadewiofficial. Tabayyun, 5(1). https://doi.org/10.61519/tby.v5i1.73