MEDIA DAKWAH PEMUDA HIJRAH BANDUNG: ANALISIS TEORI DIFUSI INOVASI

Penulis

  • Yuli Puspitasari Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Bogor

DOI:

https://doi.org/10.61519/tby.v4i2.52

Kata Kunci:

Dakwah, Shift Pemuda Hijrah, Teori Difusi Inovasi

Abstrak

Di era modern ini, teknologi semakin berkembang pesat. Internet dan media sosial lainnya seakan sudah menjadi kebutuhan penting bagi generasi milenial. Pemanfaatan media sosial sudah menyentuh berbagai lapisan masyarakat, Sarana media ini sangatlah baik jika digunakan untuk hal-hal bermanfaat seperti berdakwah. Pemuda hijrah atau dikenal dengan sebutan Shift merupakan suatu komunitas dakwah pemuda hijrah yang ada di Bandung yang berupaya mengajak anak muda dalam memahami agama islam dengan cara, metode waupun pendekatan yang milenial sesuai dengan kebutuhan anak muda generasi milenian dengan mengikuti tren tanpa keluar dari kaidah-kaindah ajaran islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui komunikasi dakwah yang dilakukan oleh shift pemuda hijrah, media yang digunakan serta dakwah apa yang dilakukan dengan pisau analisis teori difusi inovasi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pustaka library research yaitu studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah Komunikasi dakwah milenial yang dilakuka oleh shift pemuda hijrah dan ustad Hanan Atakki selaku founder dengan pendekatan komunikasi yang lebih familiar bagi kawula muda. pengemasan konten di media sosial yang disukai kaum milenial, berdakwah lewat pendekatan tren dan hobi anak muda. Serta menggunakan media sosial youtube, intagram, dan fecebook sebagai media penunjang. Dari kegiatan dakwah yang dilakukan oleh shift pemuda hijrah dapat di analisis bahwasannya dakwah yang dilakukan dengan proses keputusan inovasi dengan lima Langkah konsef yaitu (1) pengetahuan, (2) persuasi, (3) keputusan, (4) implementasi, dan (5) konfirmasi.

Referensi

Deddy Mulyana, 1999. Nuansa-Nuansa Komunikasi; Meneropong Politik DanBudaya Komunikasi Masyarakat Kontemporer Remaja Rosdakarya, Bandung.

Dewi Ariningrum Rusmiarti, 2015. Analisis Difusi Inovasi Dan Pengembangan Budaya Kerja Pada Organisasi Birokrasi, Vol. 6 No. 2, Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi.

Eli Jamilah Mihardja dkk, 2022. Penerapan Teori Difusi Inovasi Dalam Community Engagement: Kisah Pengolahan Limbah Rajungan Dari Indramayu, Vol 06 No 2, Journal Of Dedicator Community.

Nur Ratih Devi A, Meria Oktavianti. 2019 Komunikasi Dakwah Pemuda Hijrah, Volume 3, No. 2, Jurnal Manajemen Komunikasi.

Onong Uchjana Effendy. 2011. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Ujang Mahadi, 2015. Komunikasi dan Dakwah Kontemporer, Bogor, IPB Press.

Wahyu Ilaihi, 2013. Komunikasi Dakwah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190610062027-20-401957/shift-gerbang-masuk-anak-muda-bandung-menuju-hijrah diakses pada kamis 27 september 2023

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-09

Cara Mengutip

Puspitasari, Y. (2024). MEDIA DAKWAH PEMUDA HIJRAH BANDUNG: ANALISIS TEORI DIFUSI INOVASI. Tabayyun, 4(2), 17-24. https://doi.org/10.61519/tby.v4i2.52