Strategi Komunikasi Politik Anies Baswedan Pada Pemilu 2024
DOI:
https://doi.org/10.61519/tby.v5i2.86Kata Kunci:
Strategi Komunikasi Politik, Anies Baswedan, Pemilu 2024, Citra PolitikAbstrak
Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Indonesia menjadi ajang kontestasi politik yang menarik khususnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan memimpin Indonesia selama 5 Tahun kedepan, dalam hal strategi komunikasi politik yang diterapkan oleh para kandidat. Salah satu tokoh yang menonjol dalam pemilu ini adalah Anies Baswedan, yang dikenal dengan pendekatan komunikasinya yang khas dalam membangun citra dan mendapatkan dukungan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi politik yang digunakan oleh Anies Baswedan dalam Pemilu 2024, termasuk penggunaan media sosial, personal branding, serta pengaruhnya terhadap opini publik dan elektabilitasnya. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji bagaimana komunikasi politik digunakan sebagai alat untuk membangun hubungan dengan masyarakat dan memperkuat citra politik kandidat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan oleh Anies Baswedan berbasis pada interaksi digital yang aktif, penyampaian pesan yang berbasis data, serta penggunaan simbol dan retorika yang kuat untuk membentuk citra politik yang positif. Temuan ini memberikan wawasan mengenai pentingnya strategi komunikasi dalam kampanye politik di era digital serta implikasinya terhadap dinamika demokrasi di Indonesia.
Referensi
Asri Musfira, D. (2024). Komunikasi Politik Anies Baswedan dalam Meningkatkan Citranya Menuju PEMILU 2024 di akun media sosial instagram @aniesbaswedan.
Castells, M. (2009). Communication Power. Oxford University Press.
Chadwick, A. (2013). The Hybrid Media System: Politics and Power. Oxford University Press.
Doembana, R. Farhan. (2017). Buku Ajar: Manajemen dan StrategiKomunikasi Pemasaran. Zahir Publishing.
Effendy, O. U. (2016). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.
Enli, G. (2017). Personalized Politics: Social Media and Participation. Routledge.
Grabe, M. E., & Bucy, E. P. (2009). Image Bite Politics: News and the Visual Framing of Elections. Oxford University Press.
Kaid, L. L., & Holtz-Bacha, C. (Eds.). (2008). The Handbook of Political Communication Research. Routledge.
Lilleker, D. G. (2019). Political Communication and Campaigning: A Comparative Introduction. Springer.
McNair, B. (2017). An Introduction to Political Communication. Routledge.
McQuail, D. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory. Sage Publications.Nimmo, Dan. 1993. Komunikasi Politik Komunikator Pesan Media. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nimmo, Dan. 1993. Komunikasi Politik Komunikator Pesan Media. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Pattiasina, H. Y. (2015). Strategi Komunikasi Politik PDI Perjuangan Kabupaten Maluku Tengah pada Pemilu 2014. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(1).
Tewal, Bernhard; Adolfina; Merinda; hendra. 2017. Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Patra Media Grafindo.
Yam, J. H. (2020). Manajemen strategi: Konsep & implementasi. Nas Media Pustaka.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Wardah Hidayat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.