Dakwah Digital Dalam Penyebaran Nilai-Nilai Islam di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.61519/tby.v5i1.68Kata Kunci:
dakwah digital, nilai-nilai keislaman, era digitalAbstrak
Penelitian ini mengulas peran dan dampak dakwah digital dalam penyebaran nilai-nilai Islam di era digital. Di tengah kemajuan teknologi informasi, dakwah digital menjadi strategi penting bagi para dai dan organisasi keagamaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Analisis literatur menyoroti pengaruh positif dakwah digital, seperti peningkatan aksesibilitas informasi keagamaan, penyebarluasan nilai-nilai Islam yang moderat, dan penguatan komunitas Muslim online. Meskipun efektif, strategi dakwah digital juga menghadapi tantangan seperti penyebaran misinformasi, isu keamanan siber, dan polarisasi opini. Pendekatan yang mengintegrasikan metode dakwah tradisional dan digital dianggap efektif dalam memperkuat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keislaman di tengah masyarakat global yang semakin terhubung secara digital.
Referensi
Aday, S. “Chasing the Bad News: An Analysis of 2005 Iraq and Afghanistan War Coverage on NBC and Fox News Channel.” Journal of communication, 60(1), 144-164. (2010).
Aksenta, A., Irmawati, I., Ridwan, A., Hayati, N., Sepriano, S., Herlinah, H., ... & Ginting, T. W. Literasi Digital: Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 Dan Sociaty 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia., 2023.
Amar Ahmad. “Dinamika Komunikasi Islami Di Media Online Amar Ahmad Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar Email?: Amarahmad@yahoo.Com” 11, no. April (2013): 44–58.
Bunt, G. R. IMuslims: Rewiring the House of Islam. Univ of North Carolina Press., 2009.
Dwiraharjo, Susanto. “Konstruksi Teologis Gereja Digital.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 4, no. 1 (2020): 1–17.
Era Purike, Imas Wiwin Kurniasih, Fransiska Wuri Wulandari, and Ayulia Nirwani. “TRANSAKSI DIGITAL DAN PERKEMBANGAN E-TOURISM DI INDONESIA.” NAWASENA?: Jurnal Ilmiah Pariwisata 1, no. 2 (2022): 12–19.
Faridah, Faridah, Adeh Ijam Putri Utami, and Sunatri Sunatri. “Solusi Dakwah Di Era Teknologi Komunikasi Dan Informasi.” RETORIKA?: Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam 4, no. 1 (2022): 57–68.
Jafar, Iftitah, and Mudzhira Nur Amrullah. “Bentuk-Bentuk Pesan Dakwah Dalam Kajian Al-Qur’an.” Jurnal Komunikasi Islam 8, no. 1 (2018): 41–66.
Lestari, Rani Dwi. “Jurnalisme Digital Dan Etika Jurnalisme Media Sosial: Studi Pada Akun Instagram @tempodotco Dan @tribunjogja Digital Journalism and The Ethics of Social Media Journalism: Study in the Instagram Account @tempodotco and @tribunjogja.” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi 22, no. 2 (2019): 159–174. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.159-174.
Lontoh, Jurista Karia, Altje Lenny Tumbel, and Raymond Kawet. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon.” Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi 8, no. 4 (2020): 11–20.
Marzuki. Metode Riset Panduan Penelitian Bidang Bisnis Dan Sosial. Yogyakarta: Ekonisia, 2005.
Parinata, Dwi. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Youtube Dan Facebook Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 2, no. 1 (2021): 11–17.
Puji Yati, Melliza Putri, Septa Yulia Putri, Jovita Junia, Ria Susanti, and Amanda Clara Natalia. “Dakwah Islam Melalui Media Sosial Sebagaisarana Pendidikan.” Proceeding Conference On Da’wah and Communication Studies 2, no. 1 (2023): 50–56.
Purwanto, Harry, and Achmad Arifulin Nuha. “Post Dakwah Di Era Cyber Culture.” DAKWATUNA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam 6, no. 2 (2020): 1–28.
Rustandi, Ridwan. “Cyberdakwah: Internet Sebagai Media Baru Dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam.” NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam 3, no. 2 (2020): 84–95.
Sulaeman, A. R., A. Fazri, and F. Fairus. “Strategi Pemanfaatan Youtube Dalam Bidang Dakwah Oleh Ulama Aceh.” Communication 11, no. 1 (2020): 81–93.
Sutisna, Nata. “Etika Dakwah Digital.” NU Online. Last modified 2022. https://www.nu.or.id/tasawuf-akhlak/etika-dakwah-di-dunia-digital-rRxwv.
Ummah, Nurul Hidayatul. “Pemanfaatan Sosial Media Dalam Menungkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital.” Junal Manajemen Dakwah 10 (2022): 151–169.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Andy Riski Pratama, Wedra Aprison, Yulius Yulius, Nurrahmi Latifa , Syafrudin Syafrudin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.