PERAN KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN JUZ AMMA SISWA DI TK IT ADZKIYA TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.61519/tby.v4i2.53Kata Kunci:
Peran komunikasi Guru, Hafalan Al-Quran Juz Amma, SiswaAbstrak
Menghafal Al-Quran Juz Amma merupakan hal yang tidak mudah. Dalam menyelesaikan hafalan 30 juz dibutuhkan waktu yang lama, ketekunan dan kesungguhan sangat diperlukan sekali, usaha keras, dan banyak problem yang dihadapi. Jika motivasi dan minat yang dimiliki siswa lemah, maka problem tersebut akan menjadi faktor kegagalan dalam menghafal Qur’an. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran komunikasi apa yang diberikan guru untuk meningkatkan hafalan Al-Quran Juz Amma siswa di TK IT Adzkiya Dramaga Bogor. Adapun manfaat penelitian ini sebagai sumbangan wawasan dan khazanah keilmuan mengenai peran komunikasi guru dalam meningkatkan hafalan Al-Quran Juz Amma siswa, sebagai referensi bagi penelitian sejenis, dan bahan pertimbangan bagi TK IT Adzkiya Dramaga Bogor dalam meningkatkan hafalan Al-Quran Juz Amma siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif, serta menggunakan metode induktif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa peran komunikasi guru dalam meningkatkan hafalan Al-Quran Juz Amma siswa di TK IT Adzkiya Dramaga Bogor tidak hanya memberi motivasi, mentashih hafalan, memberikan tips cara cepat menghafal, memberikan tips menjaga hafalan, memberikan tips memahami isi Qur’an, serta model guruan setor hafalan baru (talaqq?), model menghafal Al-Qosimi dan Mur?ja’ah. Tetapi peneliti menemukan peran komunikasi lain yang diberikan oleh guru yang belum ada pada teori yaitu peran komunikasi berupa konseling bagi siswa yang kesulitan menghafal.
Referensi
Abidin, Ahmad Zainal. 2015. Kilat dan Mudah Hafal Juz ‘Amma. Yogyakarta: Sabil.
Alexandra. 2013. Chambers Kamus Sekolah. Jakarta: PT. Indeks.
Al-Hafizh, Abu Hurrri Al-Qosimi. 2014. Anda Pasti Bisa Hafal Al-Quran Juz Amma Metode Al-Qosimi. Solo: Al-Hurri Media Qur’anuna
As-Sirjani, Raghib dkk. 2007. Cara Cerdas Hafal Al-Quran Juz Amma. Solo: Aqwam.
Az-Zawawi, Yahya Abdul Fattah. 2013. Revolusi Menghafal Al-Quran Juz Amma. Surakarta: Insan Kamil.
Doyle, Charles. 2013. Kamus Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Departemen Agama RI. 2006. Al-Quran Juz Amma dan Terjemah. Jakarta: Maghfirah Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Echols, John M. dan Shadily, Hassan. 2007. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
Herry, Bahirul Amali. 2013. Agar orang sibuk Bisa Menghafal Al-Quran Juz Amma. Yogyakarta: ProYou.
Mardalis. 2006. Metode penelitian suatu pendekatan proposal. Jakarta. PT Bumi aksara .
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi, Edisi Revisi Cet. 22. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Satori, Djam’an & Komariah, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suma, Muhammad Amin. 2013. Ulumul Qur’an. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wahid, Sa’ad Abdul. 2011. Studi Ulang Ilmu Al-Quran Juz Amma & Ilmu Tafsir. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Iwan Armawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.