DAKWAH DIGITAL UNTUK GENERASI MILLENIAL
DOI:
https://doi.org/10.61519/tby.v4i2.50Kata Kunci:
Metode, Dakwah, Generasi MillenialAbstrak
Perkembangan teknologi melahirkan fenomena menarik dalam kehidupan masyarakat saat ini yaitu maraknya budaya global dan gaya hidup serba instan. Perkembangan teknologi mengakibatkan model dakwah semakin berkembang pesat dan dinamis dan dapat berpengaruh pada akhlak, moral generasi milenial yang dimana mereka pada fase proses mencari jati diri. Dengan perkembangan teknologi tidak dapat dipungkiri bahwa konten-konten berbau radikalisme, ekstrimisme dapat dengan cepat menyebar dan mampu memasuki semua lini. Studi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara agama dipahami dan dipraktikkan oleh generasi milenial dan bagaimana caranya dakwah dapat dilakukan di era milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui wawancara mendalam (in depth interview) dari beberapa informan yang telah ditentukan berdasarkan purposive sampling hasil studi menunjukkan bahwa agama dapat dimaknai sebagai pedoman hidup agar tidak melakukan kekacauan.
Referensi
Ali Aziz, Moh. (2004). Ilmu Dakwah, Kencana. Jakarta.
Arifin. (1997) . Psikologi Dakwah Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Kristina, Ayu. (2017). Membumikan Nalar Kritis Akademis.Yogyakarta: UD Ruang Desain.
Lina Hidayati, Miftakhul. (2018). Metode Dakwah K.H. Abdurrahman
Marfu’ah, Usfiyatul. (2017) .“Strategi Komunikasi Dakwah Berbasis
Multikultural”. Islamic Communication Journal 2, no.2.
Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muriah, Siti. (2000). Metodologi Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Mutmainah, Sitti. (2014). “Peran Dakwah Dalam Mengatasi Konflik Konflik Sosial Masa Kini” Jurnal Dakwah Tabligh 15, no. 2.
Navis Dalam Program Fajar Syiar Di Radio El-Victor Surabaya”. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Puput Puji Lestari: Dakwah Digital untuk Generasi Milenial 58 Jurnal Dakwah, Vol. 21, No. 1 Tahun 2020
Rizal Putri Paramitha, Cindy. (2011). Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner. Tesis. Semarang: Fak. Ekonomi UNDIP.
Rosyidi, Imron. (2015). “Komunikasi Dan Dakwah: Ikhtiar Integrasi Keilmuan Dan Urgensi Kekinian”. Jurnal Madania 5, no. 1.
Sanwar, Aminudin. (1985). Pengantar Studi Ilmu Dakwah. Semarang: Fakultas Dakwah IAIN Walisongo.
Sukardi, Akhmad. (2016). “Metode Dakwah Dalam Mengatasi Problematika Remaja” Al-Munzir 9, no. 1.
Suriani, Julis. (2017). “Komunikasi Dakwah Di Era Cyber” .Jurnal Annida’: Jurnal Pemikiran Islam 41, no. 2.
Taufiq. (2013). Sistem Informasi Manajemen Konsep Dasar Analisis dan Metode Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Uchjana Effendy, Onong. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Widjaja. (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.
Wilson, Bangun. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Indra Dita Puspito, Nur Azhima

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.