EFEKTIVITAS DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL INTERNET

Penulis

  • Fathorrahman STIDKI BOGOR

Kata Kunci:

dakwah, media sosial, internet

Abstrak

Di era globalisasi saat ini penyampaian ajaran Islam tidak bisa tidak harus menggunakan media
komunikasi massa modern, semisal televisi, film, radio, internet, koran/surat kabar, majalah, buku, dan
sebagainya. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan pesan dakwah adalah
melalui media sosial internet. Dakwah merupakan aktivitas memanggil, mengundang atau mengajak.
Dakwah adalah perintah atau seruan kepada sesama manusia untuk kembali dan hidup sepanjang ajaran
Allah yang benar. Dakwah adalah menyeru manusia kepada kebajikan dan melarang kemungkaran agar
mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. Dakwah juga merupakan suatu proses yang
berkesinambungan yang ditangani oleh para pengemban dakwah untuk merubah sasaran dakwah agar
bersedia masuk ke jalan Allah
Selanjutnya media dakwah merupakan suatu proses penyampain pesan melalui media elektronik
baik yang berbentuk audio, audio visual dan lain-lain. Sedangkan media dakwah merupakan salah satu
unsur yang sangat penting diperhatikan dalam aktivitas dakwah, dengan adanya media penyampaian
dakwah akan lebih mudah, murah, praktis, efektif dan efisien.
Metode dakwah terdapat pada sejumlah pendekatan yang dipakai dalam berdakwah yang
dihimpun dalam suatu sistem. Adapun macam-macam media sebagai penunjang dakwah yaitu media
komunikasi atau media tatap muka, media audio visual, media visual, media individual, media dakwah
melalui lisan, dan media elektronik. Macam-macam media elektronik sebagai penunjang dakwah yaitu
internet, televisi, dan radio.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-29

Cara Mengutip

Fathorrahman. (2022). EFEKTIVITAS DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL INTERNET. Tabayyun, 3(1), 17-25. Diambil dari https://ejournal-stidkibogor.ac.id/index.php/tabayyun/article/view/22