PENGARUH KOMUNIKASI DAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI STIDKI BOGOR
Kata Kunci:
Karakteristik, Komunikasi, Kualitas, Pembelajaran, Peserta didikAbstrak
Komunikasi dilakukan untuk melaksanakan rencana pembangunan suatu negara. Sebagai proses
perubahan dan pembaharuan masyarakat, pembangunan membutuhkan kontribusi komunikasi baik
sebagai bagian dari kegiatan masyarakat maupun sebagai ilmu yang terus berkembang dari waktu ke
waktu. Semakin besar nilai komunikasi dan karakteristik peserta didik maka akan diikuti oleh semakin
berkualitas hasil belajar.
Secara khusus tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh komunikasi dan karakteristik
peserta didik terhadap kualitas pembelajaran Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam
(STIDKI) Bogor. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan mix method menggabungkan
pendekatan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.
Hasil persentase berdasarkan kategori indikator komunikasi dan karakteristik peserta didik di
STIDKI Bogor menunjukkan dari indikator pendidikan total persentase,83,5% untuk kategori lulusan
SMU, menunjukkan karakteristik peserta didik lulusan SMU lebih berkualitas dalam pembelajaran. Dari
indikator Pekerjaan menunjukan kategori pegawai dengan total persentase, 53,6% dan pada kategori
belum bekerja, 46,4% yang artinya sebagian besar peserta juga berkualitas dalam pembelajaran. Pada
indikator status jalur pembayaran terutama pada beasiswa dengan total persentase 70,1%, pada indikator
keterdedahan media menunjukan dalam tabel diatas, pada kategori bisa mendapat persentase 53,6%.
Terdapat pengaruh nyata dari faktor komunikasi dan karakteristik peserta didik terhadap
kualitas pembelajaran, dihitung rataan skor dari indikator karakteristik peserta didik menggunakan
rumus total skor jumlah responden pada indikator pendidikan rataan skor sedang senilai 2.19, pada
indikator pekerjaan rataan skor sedang senilai 2.52, pada indikator status jalur pembayaran rataan skor
sedang senilai 2.32 dan pada indikator keterdedahan media rataan skor tinggi senilai 3.38. Dari analisis
statistik inferensial koefisien ? pengaruh komunikasi dan karakteristik peserta didik terhadap kualitas
pembelajaran di STIDKI Bogor dengan indikator komunikasi dan karakteristik peserta didik yaitu
pendidikan, pekerjaan, status jalur pembayaran dan keterdedahan media terhadap kualitas pembelajaran
dengan indikator–indikatornya yaitu tingkat keterampilan, perubahan sikap, kesadaran peserta didik dan
kemampuan peserta didik.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Iwan Armawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.