Pendampingan Manajemen Media Pembelajaran Di Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.61519/kdm.v2i2.78Kata Kunci:
Pendampingan, Manajemen media pembelajaran, Madrasah Aliyah, Pelatihan PendidikanAbstrak
Penelitian ini beertujuan untuk mengkaji iplementasi pendampingan dalam manajemen media pembelajaran di Madrasah Aliyah Al-Hanif Ciputat. Kondisi awal di Madrasah ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran masih belum optimal dalam mendukung proses belajar mengajar.
Selain itu, terdapat tantangan terkait keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi serta kurangnya pelatihan tentang pengelolaan media pembelajaran. Pendampingan yang diberikan meliputi pelatihan penggunaan media digital, strategi pemilihan media yang sesuai dengan karakteristik materi, serta cara menginegrasikan media dalam proses pembelajaran yang interaktif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pendampingan yang dilakukan dapat meningkatkan pemahaman guru dalam mengelola dan memanfaatkan media pembelajaran, serta memperkaya variasi media yang digunakan di kelas.
Meskipun demikian, beberapa tantangan seperti keterbatasan sarana dan prasarana serta kebutuhan akan pelatihan berkelanjutan masih perlu mendapatkan perhatian.
Penelitian ini menyarankan agar Madrasah terus mengembangkan program pendampingan untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan media yang lebih efektif
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Komunikasi Pengabdian Masyarakat (Komdimas)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.